KURIKULUM SENI
RUPA ANAK USIA DINI
Kurikulum
PAUD 2013 pada hakikatnya merupakan seperangkat rencana yang akan dilakukan
selama proses pembelajaran, sehingga mutlak diperlukan oleh setiap satuan
pendidikan. Kurikulum PAUD disiapkan oleh satuan PAUD yang bersangkutan sesuai
dengan kebutuhan anak dengan mengacu dalam Peremendiknas No. 58
Tahun 2009 tentang Standar PAUD. Setiap anak diberi kesempatan untuk mengembangkan diri
sesuai potensi masing-masing. Pendidik bertugas membantu, jika anak
membutuhkan.
Kurikulum
2013 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU No.20/2003).
Terdapat
dua dimensi dalam pengertian kurikulum 2013 diatas, yaitu :
- Kurikulum adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran
- Kurikulum adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran
Rasional
Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
- PAUD merupakan pendidikan paling fundamental
- Perkembangan anak dimasa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi yang diberikan di usia dini
- Awal kehidupan anak merupakan masa paling tepat dalam memberikan dorongan agar anak dapat berkembang secara optimal.
- UU No 20/2003 , Bab 1 pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut
- Masa peka belajar anak dimulai dari anak dalam kandungan sampai 1000 hari pertama kehidupannya
Pencapaian Perkembangan
Seni Anak Usia 0-6 Tahun
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 0-3 Bulan
A. Mampu membedakan antara bunyi dan
suara
Menoleh pada berbagai suara musik atau bunyi-bunyian dengan irama teratur
B. Tertarik dengan suara atau musik
Menoleh pada berbagai suara musik atau bunyi-bunyian dengan irama teratur
B. Tertarik dengan suara atau musik
- Mendengar, menoleh, atau memperhatikan musik atau suara dari pembicaraan orang tua/orang di sekitarnya
- Melihat obyek yang diatasnya
C.
Tertarik dengan berbagai macam karya seni
Melihat ke gambar atau benda yang ditunjukkan 30 cm dari wajahnya
Melihat ke gambar atau benda yang ditunjukkan 30 cm dari wajahnya
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 3-6 bulan :
A.Mampu membedakan antara bunyi dan
suara
- Mendengarkan berbagai jenis musik atau bunyi-bunyian dengan irama yang teratur
- Menjatuhkan benda untuk didengar suaranya
B.
Tertarik dengan suara atau musik
- Memperhatikan orang berbicara
- Memalingkan kepala mengikuti suara orang
- Memperhatikan jika didengarkan irama lagu dari mainan yang bersuara
- Mengikuti irama lagu dengan suaranya secara sederhana
- Mengamati obyek yang berbunyi di sekitanya
C.Tertarik
dengan berbagai macam karya seni
Menoleh atau memalingkan wajah secara spontan ketika ditunjukkan foto/ gambar/cermin dan berusaha menyentuh
Menoleh atau memalingkan wajah secara spontan ketika ditunjukkan foto/ gambar/cermin dan berusaha menyentuh
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 6-9 bulan :
A. Mampu membedakan antara bunyi dan
suara
- Melakukan tepuk tangan sederhana dengan irama tertentu
- Tertarik dengan mainan yang mengeluarkan bunyi
B.
Tertarik dengan suara atau musik
- Anak tertawa ketika diperlihatkan stimulus yang lucu/aneh
- Merespon bunyi atau suara dengan gerakan tubuh (misal: bergoyang-goyang) dengan ekspresi wajah yang sesuai
C. Tertarik
dengan berbagai macam karya seni
Berusaha memegang benda, alat tulis yang diletakkan di hadapannya
Berusaha memegang benda, alat tulis yang diletakkan di hadapannya
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 9-12 bulan :
A.
Mampu membedakan antara bunyi dan suara
- Menggerakkan tubuh ketika mendengarkan musik
- Memainkan alat permainan yang mengeluarkan bunyi
B.
Tertarik dengan suara atau musik
- Memukul benda dengan irama teratur
- Bersuara mengikuti irama musik atau lagu
C.
Tertarik dengan berbagai macam karya seni
Mencoret di atas media (misal: kertas, tembok)
Mencoret di atas media (misal: kertas, tembok)
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 12-18 bulan :
A. Mampu membedakan antara bunyi dan
suara
- Bisa menyanyikan lagu hanya kata terakhir (misalnya, “burung kakak .....” anak hanya menyebutkan kata “tua”)
- Merespon berbagai macam suara orang terdekat, musik, atau lagu dengan menggoyangkan badan
- Mengetahui suara binatang
- Paham adanya perbedaan suara/bahasa orang di sekitarnya (terutama ibu dan orang terdekatnya)
B.
Tertarik dengan musik, lagu, atau nada bicara tertentu
Menirukan bunyi, suara, atau musik dengan irama yang teratur
C. Tertarik dengan karya seni dan mencoba membuat suatu gerakan yang menimbulkan bunyi
Menirukan bunyi, suara, atau musik dengan irama yang teratur
C. Tertarik dengan karya seni dan mencoba membuat suatu gerakan yang menimbulkan bunyi
- Mencoret - coret
- Mengusap dengan tangan pada kertas/kain dengan menggunakan berbagai media (misal, media bubur aci berwarna, cat air)
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 18-24 bulan :
A. Mampu membedakan antara bunyi dan
suara
- Anak mengenali musik dari program audio visual yang disukai (radio, TV, komputer, laptop)
- Mendengar sesuatu dalam waktu yang lama
- Secara berulang bermain dengan alat permainan yang mengeluarkan suara
- Anak tertawa saat mendengar humor yang lucu
B.
Tertarik dengan musik, lagu, atau nada bicara tertentu
- Bertepuk tangan dan bergerak mengikuti irama dan birama
- Bergumam lagu dengan 4 bait (misalnya, lagu balonku, bintang kecil, burung kakak tua)
- Meniru suara binatang
- Menunjukkan suatu reaksi kalau dilarang atau diperintah
C.
Tertarik dengan karya seni dan mencoba membuat suatu gerakan yang menimbulkan
bunyi
- Menggambar dari beberapa garis
- Membentuk suatu karya sederhana (berbentuk bulat atau lonjong) dari plastisin
- Menyusun 4-6 balok membentuk suatu model
- Bertepuk tangan dengan pola sederhana
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 2-3 tahun :
A. Anak mampu membedakan antara
bunyi dan suara
Memperhatikan dan mengenali suara yang bernyanyi atau berbicara
B. Tertarik dengan kegiatan musik, gerakan orang, hewan maupun tumbuhan
Memperhatikan dan mengenali suara yang bernyanyi atau berbicara
B. Tertarik dengan kegiatan musik, gerakan orang, hewan maupun tumbuhan
- Menyanyi sampai tuntas dengan irama yang benar (nyanyian pendek atau 4 bait)
- Menyanyikan lebih dari 3 lagu dengan irama yang yang benar sampai tuntas (nyanyian pendek atau 4 bait)
- Bersama teman-teman menyanyikan lagu
- Bernyanyi mengikuti irama dengan bertepuk tangan atau menghentakkan kaki
- Meniru gerakan berbagai binatang
- Paham bila orang terdekatnya (ibu) menegur
- Mencontoh gerakan orang lain
- Bertepuk tangan sesuai irama
C.
Tertarik dengan kegiatan atau karya seni
- Menggambar benda-benda lebih spesifik
- Mengamati dan membedakan benda di sekitarnya yang di dalam rumah
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 3-4 tahun :
A. Anak mampu membedakan antara bunyi
dan suara
- Mengenali berbagai macam suara dari kendaraan
- Meminta untuk diperdengarkan lagu favorit secara berulang
B.
Tertarik dengan kegiatan musik, gerakan orang, hewan maupun tumbuhan
- Mendengarkan atau menyanyikan lagu
- Menggerakkan tubuh sesuai irama
- Bertepuk tangan sesuai irama musik
- Meniru aktivitas orang baik secara langsung maupun melalui media. (misal, cara minum/cara bicara/perilaku seperti ibu)
- Bertepuk tangan dengan pola yang berirama (misalnya bertepuk tangan sambil mengikuti irama nyanyian)
C.
Tertarik dengan kegiatan atau karya seni
- Menggambar dengan menggunakan beragam media (cat air, spidol, alat menggambar) dan cara (seperti finger painting, cat air, dll)
- Membentuk sesuatu dengan plastisin
- Mengamati dan membedakan benda di sekitarnya yang di luar rumah
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 4-5 tahun :
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan
lagu atau suara
- Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
- Memainkan alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
B.
Tertarik dengan kegiatan seni
- Memilih jenis lagu yang disukai
- Bernyanyi sendiri
- Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
- Membedakan peran fantasi dan kenyataan
- Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
- Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
- Menggambar objek di sekitarnya
- Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
- Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
- Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
¶ Perkembangan Seni Anak Usia 5-6 tahun :
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan
lagu atau suara
- Anak bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
- Memainkan alat musik/instrumen/benda bersama teman
B.
Tertarik dengan kegiatan seni
- Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar
- Menggunakan berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu
- Bermain drama sederhana
- Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam
- Melukis dengan berbagai cara dan objek
- Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar