Kamis, 15 Juni 2017

Teknik Melipat Menggunting , Merakit



TEKNIK MELIPAT, MENGGUNTING, MENEMPEL, MERONCE DAN MERAKIT.
1.      Melipat kertas (origami) adalah suatu teknik berkarya seni/ kerajinan tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas dengan tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk mainan, hiasan, benda fungsional, alat peraga dan kreasi lain

2.      Menggunting merupakan kegiatan yang menarik bagi anak – anak. Menggunting termasuk teknik dasar untuk membuat aneka bentuk kerajinan tangan, bentuk hiasan dan gambar dari kertas dengan memakai bantuan alat pemotong. Sumantri ( dalam Indriyani 2014:20) mengemukakan bahwa menggunting adalah memotong berbagai aneka kertas atau bahan – bahan lain dengan mengikuti alur, garis atau bentuk – bentuk tertentu merupakan salah satu kegiatan yang mengembangkan motorik halus anak. Koordinasi mata tangan dapat berkembang melalui kegiatan menggunting. Saat menggunting jari jemari anka akan bergerak mengikuti pola bentuk yang digunting.


3.      menempel adalah salah satu kegiatan yang menarik minat anak – anak karena berkaitan dengan meletakkan dan merekatkan sesuatu sesuka mereka. Bahan – bahan yang digunakan untuk direkatkan terdiri dari berbagai bentuk kertas, kain, bahan – bahan bertekstur dan benda – benda menarik lainnya, bisa 2 dimensi atau 3 dimensi.

4.      Meronce dalam proses pembelajaran anak usia dini dapat melatih anak untuk berkonsentrasi. Meronce dapat melatih ketelitian anak, dengan adanya kegiatan meronce, anak dapat belajar untuk memasukkan benang dalam jarum serta mulai meronce manik-manik yang disambung satu persatu dengan benang.

5.      Merakit adalah membentuk sesuatu yang baru dari bentuk yang sudah ada

Alat dan bahan ;
1.      Benang wol
2.      Lem
3.      Gunting
4.      Kotak bekas.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar