Minggu, 18 Juni 2017

PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI



PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Seorang guru atau calon pendidik harus memiliki keterampilan.
Pembelajaran di zaman sekarang dengan pembalajaran di zaman sekarang berbeda, dulu pembelajarannya bersifat klasikal yang di laksanakan di dalam secara individu dan berkelompok, dikarenakan jumlah buku yang ada terbatas atau sedikit. Biasanya pembelajaran individu dominan bersifat permisif yang artinya segalanya boleh dilakukan dengan sesuka hati yang artinya bebas dari ketentuan-ketentuan yang mengikat, terutama pembelajaran di PAUD dominan ke individu. Dibandingkan dengan pembelajaran di zaman sekarang bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan pun, karena sudah banyak ada buku dan bisa mengakses ilmu melalui internet.
Dalam pembelajaran anak usia dini, sebagai guru di PAUD seharusnya memberi informasi atau memberi ilmu harus sesuai dengan kenyataan dan secara benar dan utuh dan tidak di manipulasi, seperti memberikan informasi tentang prinsip, hukum, ketentuan dan tata tertib harus secara benar dan sesuai berdasarkan ketentuan-ketentuan yang berlaku tanpa dimanipulasi.
Pembelajaran yang menyenangkan untuk anak usia dini yaitu pembelajaran melalui bermain, sehingga anak akan merasa senang dalam belajar. Pembelajaran yang sifatnya memaksa atau doktrim tidak cocok untuk anak usia dini, karena pembelajaran yang sifatnya memaksa tidak akan membuahkan hasil.  Ada beberapa jenis pembelajaran menurut Edward De Boo yaitu, yang pertama pembelajaran Divergenyang artinya menyebar, pembelajaran ini artinya pembelajaran yang bercabang-cabang atau menyebar. Dalam pembelajaran yang sifatnya divergen ini kreatif dan otak yang bekerja yaitu dominan otak kanan. Yang kedua yaitu Convergen vertical yang artinya satu arah. Pembelajaran convergen vertical adalah pembelajaran yang menuju satu arah dan memfokus ke satu arahh, dan yang ketiga yaitu pembelajaran Blenked learning yang artinya belajar secara luas yang berlangsung didalam kelas maupun diluar kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar