Pendidikan memiliki tujuan untuk dicapai. Pembelajaran diatur oleh tujuan Negara, lembaga, materi ajar. Antara tujuan Negara, lembaga, dan materi ajar harus saling berkaitan.
Pendidikan adalah pembelajaran
pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari
satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau
penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi
juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang memiliki efek
formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap
pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah
dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.
Pendidikan biasanya berawal saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung
seumur hidup. Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang
dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi
dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum kelahiran. Tujuan
Pendidikan menurut "Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Pasal 3, adalah mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab."
Adapun didalam pembelajaran harus
ada kompetensi, isi dari kompetensi yaitu kompetensi dasar, kompetensi inti,
dan standar kompetensi. Kompetensi dasar dijabarkan dari standar kompetensi. Kompetensi
inti dijabarkan dari kompetensi dasar, dan standar kompetensi yaitu siswa mampu
melakukan sesuatu. Kompetensi merupakan janji guru pada saat mengajar. Kurikulum
inti, standar kompetensi, dan kompetensi inti tidak bisa diubah.
Pembelajaran yang biasanya
diterapkan pada taman kanak-kanak akan dipaparkan dibawah ini.
Materi
|
Metode
|
Evaluasi
|
Sumber
|
Mengenal jenis warna
|
Eksperimen
|
Anak mampu mengenal jenis warna
|
Sumber biasanya berupa rujukan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar